Cara Koreksi Warna Foto / Gambar Ala Fotografer Di Photoshop

Cara koreksi foto - Photoshop yakni salah satu aplikasi edit foto terbaik di dunia yang banyak di gunakan para fotografer mulai dari pemula hingga profesional. Banyak sekali foto yang berhasil di edit menjadi sebuah foto yang penuh dengan nilai seni dan unik. Teknik koreksi warna pada foto ini biasanya di lakukan oleh para fotografer untuk menghasilkan warna yang di inginkan.

Posting kali ini saya akan mengulas trik dalam aplikasi photoshop. Sebagian yakni untuk tingkatan mahir. Kaprikornus apabila sahabat kebingungan dalam mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini, sebaiknya cobalah untuk memulai mempelajari apliksi ini dari dasar.

Dalam artikel ini saya akan memberikan cara yang sederhana  untuk menyetel paparan cahaya pada foto di  f-stop increments, yang menjadi kebiasaan para fotografer.

Lihat juga : 
Cara Edit Menghilangkan Background Foto Dengan Photoshop
Cara Menggabungkan Dua atau Banyak Foto / Gambar Kaprikornus Satu


Cara Koreksi Warna Foto / Gambar Ala Fotografer di Photoshop 


Kunci tehnik ini yakni pada mode Screen and Multiply layer blending. Pada tingkat opacity  38 % akan menghasilkan dampak yang sangat menyerupai dengan menambahkan cahaya atau menggelapkan foto dengan tehnik one full f-stop. Untuk half-stop adjustments kita gunakan opacity 19 %, untuk one-third stop gunakan opacity 13 % dan seterusnya.

Dalam pola berikut, kita akan menciptakan gambar lebih gelap dengan tehnik one stop



1. Menciptakan f-stop correction layer. 

Apabila sahabat mengedit gambar yang flat contohnya hasil jepretan kamera foto atau scan, maka duplikatlah dahulu Background layer dengan klik hidangan Layer .
Jika sahabat mengedit gambar yang mempunyai layer, maka buatlah layer gres dari hidangan Layer > New. Kemudian tekan tombol Ctrl +Alt+shift+E untuk merger semua konten dalam file menjadi satu layer

2. Menerapkan global f-stop correction. 

Pilih layer yang gres sahabat buat pada di Layers palette, kemudian setel blending mode pada  Multiply dan opacity  38%. Langkah ini akan membuat  gambar menjadi gelap dengan satu langkah.

 di dunia yang banyak di gunakan para fotografer mulai dari pemula hingga profesional Cara Koreksi Warna Foto / Gambar Ala Fotografer di Photoshop


3. Menambahkan  Layer Mask. 

Mengoreksi gambar secara global menyerupai langkah di atas sanggup menimbulkan gambar flora sepanjang anutan air menjadi terlalu gelap. Untuk mengoreksi gambar pada belahan tertentu, perlu sahabat tamnahkan Layer Mask. Caranya pilih menu Layer < Add Layer Mask. Dalam hal ini gunakan pilihan Reveal All.  Namun untuk mengedit area yang lebih kecil, maka lebih efisien kalau sahabat menentukan Hide All.

Catatan :
Apabila sahabat menentukan Add Layer Mask, maka otomatis layer ini menjadi layer utama pada palette  Channels , kemudian warna background dan foreground otomatis menjadi hitam dan putih.

4. Constrain The Correction. 

Gantilah  warna  foreground menjadi hitam, gunakan Brush Tool untuk melukis area yang tidak ingin sahabat edit dengan memakai kuas yang halus pinggirnya. Dalam hal ini cobalah untuk gunakan opacity 33% untuk mengurangi koreksi pada anutan air menjadi 1/3 stop.
 di dunia yang banyak di gunakan para fotografer mulai dari pemula hingga profesional Cara Koreksi Warna Foto / Gambar Ala Fotografer di Photoshop


5. Percobaan 

Tehnik ini sendiri mempunyai banyak variasi. Setelah sahabat mengoreksi area yang diinginkan, sahabat sanggup mengubah kekuatan opacity pada palet layer. Contoh apabila sahabat memutuskan untuk menjalankan tehnik two-stop correction, maka perbesar opacity layer manjadi 38 % hingga 76 %.
sahabat juga sanggup melaksanakan eksperimen lain dengan tehnik yang lain.

Apabila area yang tidak ingin diedit gampang untuk dipilih dengan salah satu tool yang tersedia pada toolbar, maka sahabat sanggup menciptakan sanggup gunakan salah satu tool yang tersedia. Kemudian pilih hidangan Layer < add layer Mask lalu pilih Reveal Selection atau Hide Selection. Kemudian silakan berkreasi sesuai dengan harapan sobat.