11 Cara Ampuh Meningkatkan / Memperkuat Sinyal Wifi Rumah

Sudah pasang cara meningkatkan sinyal wifi di bawah ini mungkin saja ialah solusi dari duduk masalah sinyal wifi yang ada di rumah sahabat selama ini.

Apabila sahabat ingin meningkatkan kemampuan WIFI di rumah sobat, maka artikel ini saya harap bisa membantu sobat. Namun perlu diingat, apabila koneksi internetnya yang kurang bagus, maka tips yang saya sampaikan ini tidak akan banyak membantu.

 atau bahkan terjadi trouble selama berjam 11 Cara Ampuh Meningkatkan / Memperkuat Sinyal WIFI Rumah


Kita tahu bahwa WIFI sahabat dilengkapi dengan router nirkabel dari ISP, sebagian besar jaringan WiFi biasanya cukup efisien. Untuk penyiapan di rumah, router berkualitas biasanya lebih dari cukup untuk menjalankan jaringan yang layak.

Bagaimanapun, bahkan tetangga bersahabat sahabat biasanya sanggup melihat jaringan nirkabel sobat. Tentu saja, ada beberapa pengecualian.

Jika sahabat tinggal di rumah yang sangat besar atau ISP sahabat memasang router sahabat di lokasi yang gila menyerupai lemari sobat, sinyal WiFi sahabat mungkin tidak hingga ke setiap bab rumah secara memadai. Ketika susukan ke media streaming, sinyal WiFi lemah menghasilkan lag yang ekstrem dan video berombak.


Lihat juga : 
Cara Terbaru Download Lagu / Mp3 Gratis Dari Internet dengan Mudah
Cara Mengembalikan Lagi File Foto, Video Yang Terhapus (Hp/Komputer)


Cara Ampuh Meningkatkan Sinyal WIFI / trik menguatkan sinyal wifi di rumah

Beruntung, ada beberapa hal yang bisa sahabat lakukan untuk membantu meningkatkan kekuatan sinyal WiFi atau menambah kecepatan Wifi yang lemah. Berikut ialah beberapa rekomendasi utama saya untuk memperbaiki WiFi lemah.

Baca juga : 
Cara Cepat Membuat Jaringan WiFi di Laptop Dengan Mudah
Cara Membuat HP android Menjadi Wifi-Hotspot Untuk Berbagi Kuota Internet

Perhatikan bahwa artikel ini berfokus pada WiFi secara khusus dan bukan pada koneksi Internet sobat.  Jika koneksi internet sahabat lambat, lihat artikel saya yang membahas wacana banyak cara sahabat sanggup meningkatkan kecepatan Internet sahabat . berikut ialah cara ampuh meningkatkan sinyal Wifi.

  1. GUNAKAN PROTOKOL WIFI TERBARU.
    Wireless AC sudah cukup banyak menjadi standar, namun bila sahabat belum mengupgrade ke router Wireless AC dan masih memakai Wireless G atau N, sahabat mungkin ingin mempertimbangkan untuk melaksanakan upgrade.

    Wireless AC telah terbukti menjadi teknologi yang jauh lebih bisa yang tidak hanya menghasilkan rentang WiFi yang lebih besar, namun juga kekuatan sinyal yang semakin baik dan konsisten.

    Tentu saja, router Wireless AC akan paling efisien dengan perangkat Wireless AC. Jika sahabat memakai perangkat gres dengan kartu nirkabel built-in, menyerupai laptop, silahkan periksa protokol nirkabel yang didukungnya.

    Ini juga perlu dicatat bahwa sesudah AC, akan ada AD, AH, AJ, AX dan sebagainya. sahabat tidak harus selalu memakai protokol terbaru, tapi sahabat juga tidak ingin beberapa protokol dibelakang. Wireless N dan AC juga mendukung MIMO, yang memungkinkan beberapa antena. 

  2. DAPATKAN DUAL-BAND ROUTER 
    Sobat mungkin telah memperhatikan bahwa beberapa router memperlihatkan fitur yang disebut dual band. Ini berarti mendukung jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz. Kaprikornus apa bedanya? 5 GHz memungkinkan kecepatan jauh lebih besar dari 2,4 GHz, namun lebih jauh dari jarak yang lebih pendek.

    Router dual grup band bisa sangat membantu alasannya sahabat akan mendapat kecepatan lebih cepat dikala sahabat mendekati router, namun sahabat sanggup beralih ke jaringan 2,4 GHz dikala sahabat berada jauh semenjak sinyal 2,4 GHz sanggup berjalan lebih jauh dan menembus lebih banyak dinding. Sayangnya, sebagian besar sahabat harus beralih secara manual di antara kedua jaringan ini. 

  3. MENGHUBUNGI ISP SOBAT
    Karena kebanyakan orang memakai router default yang diberikan kepada mereka oleh ISP mereka, ada baiknya sahabat memastikan bahwa sahabat mempunyai yang terbaik yang mereka tawarkan.

    Sebagian besar ISP akan memasang router yang lebih murah dengan kecepatan kurang dan fitur lebih sedikit dan kemudian mencoba menciptakan sahabat meng-upgrade nantinya. Jika sahabat mendapat layanan terhubung, sahabat biasanya sanggup menciptakan mereka memberi sahabat router terbaik sebelum sahabat masuk dengan mereka.

    Jika sahabat sudah menjadi pelanggan, sahabat selalu sanggup mencoba untuk mengancam untuk pergi. Sayangnya, untuk mendapat router yang lebih baik, biasanya sahabat harus membayar biaya bulanan atau membelinya di muka.

    Namun, bila sahabat membeli router dimuka, jangan pernah membelinya dari ISP. Alih-alih pergi ke Amazon atau eBay dan membelinya dari sana. sahabat bisa memanggil teknisi untuk tiba dan memasang router, bila sahabat merasa tidak nyaman melakukannya sendiri.

  4. GUNAKAN CABLE SIGNAL BOOSTER
    Jika sahabat mempunyai internet kabel, beberapa faktor sanggup memainkan kekuatan sinyal kabel bahu-membahu dari perusahaan kabel ke rumah sobat. Jika sahabat tinggal di lingkungan yang sibuk dengan banyak rumah tangga, kekuatan kabel bahu-membahu yang diterima di rumah sahabat mungkin tidak optimal. 
     atau bahkan terjadi trouble selama berjam 11 Cara Ampuh Meningkatkan / Memperkuat Sinyal WIFI Rumah


    Selain ini, hal-hal menyerupai splitter yang memungkinkan saluran kabel di setiap ruangan cenderung melemahkan sinyal, dan semakin banyak splitter yang sahabat miliki, semakin lemah sinyal yang akan terjadi.

    Penguat sinyal kabel sanggup membantu jaringan WiFi di rumah sahabat menjadi sinyal terbaik dengan bertindak sebagai penguat. Pada dasarnya, perangkat ini terlihat dan bekerja menyerupai splitter koaksial biasa. Namun, mereka direkayasa untuk mendistribusikan sinyal kabel dengan cara yang paling efisien. Penguat sinyal kabel juga akan meningkatkan kekuatan sinyal ke televisi sobat.

  5. OPTIMALKAN ROUTER & UPDATE FIRMWARE
    Yang satu ini cukup banyak diberikan, tapi selalu yang terbaik ialah mempunyai firmware terbaru untuk perute nirkabel sobat. Seiring perubahan teknologi, update firmware diharapkan semoga router tetap berjalan pada kinerja puncak. sahabat juga harus men-tweak pengaturan pada router sahabat untuk output maksimum. 
     atau bahkan terjadi trouble selama berjam 11 Cara Ampuh Meningkatkan / Memperkuat Sinyal WIFI Rumah


    Misalnya, bila sahabat mengalami banyak gangguan, sahabat mungkin ingin mengganti saluran. Sebagian besar waktu disetel ke Auto, tapi terkadang perlu di konfigurasi secara manual. Cara terbaik ialah berkonsultasi dengan manual pengguna router untuk tip firmware dan pengaturan. 

  6. PENGATURAN NIRKABEL
    Re-posisi Router Untuk cakupan WiFi terbaik, router nirkabel harus ditempatkan di lokasi sentral di dalam rumah. Juga harus diposisikan tidak terlalu bersahabat dengan lantai, tapi juga tidak terlalu bersahabat dengan plafon.
     atau bahkan terjadi trouble selama berjam 11 Cara Ampuh Meningkatkan / Memperkuat Sinyal WIFI Rumah


    Sinyal WiFi berjalan dalam pola lateral, dan sebagian besar waktu, perangkat WiFi, menyerupai laptop dipakai pada titik tengah di dalam rumah.

    Misalnya, sahabat biasanya duduk di sofa dikala memakai laptop; sahabat tidak berbaring di lantai (sebagian besar waktu), dan sahabat tidak bangun di atas tangga. 

  7. GUNAKAN MULTI ROUTER NETWORK SET UP
    Semua metode yang disebutkan di atas masih tidak akan membantu sahabat bila sahabat tinggal di rumah yang sangat besar dan jaraknya terlalu besar, bahkan untuk protokol nirkabel terbaru dengan teknologi MIMO.

    Dalam masalah menyerupai ini, sahabat mungkin perlu menyiapkan router kedua.  Ini bisa tiba dalam bentuk extender nirkabel / repeater, jembatan nirkabel, atau hanya router nirkabel kedua. Saya telah menulis wacana menciptakan jaringan kedua yang terpisah memakai router nirkabel kedua , namun sahabat juga sanggup menambahkan router kedua ke jaringan yang sama.

    Misalnya, bila sahabat mempunyai Verizon FIOS, sahabat sanggup membeli router lain yang identik dan mengkonfigurasinya sebagai jembatan LAN MoCA. sahabat sanggup mengkonfigurasi router kedua dengan SSID dan kata kunci nirkabel yang sama, sehingga perangkat akan terhubung ke router mana yang lebih dekat. 

  8. BELI SISTEM WIFI 
    Saat ini, ada banyak perusahaan yang menjual sistem WiFi. Ini intinya ialah jaringan mesh nirkabel. Mereka meliputi beberapa router identik yang sahabat hubungkan di lokasi yang berbeda di rumah sobat.Keuntungan utama sistem ini ialah mereka mengkonfigurasi dirinya sendiri dan saling berbicara secara otomatis.

    Hal ini menciptakan mereka sangat gampang diatur dan sahabat sanggup menambahkan perangkat sebanyak yang sahabat inginkan untuk terus memperluas jangkauan jaringan nirkabel sobat. Eero ialah salah satu teladan sistem WiFi.

    Muncul dengan tiga jalur susukan untuk sekitar $500. sahabat sanggup mengontrol dan mengonfigurasi semuanya melalui aplikasi dan memerlukan waktu setengah jam untuk menyiapkan semuanya. Tentu saja, sahabat kehilangan semua fleksibilitas dan kontrol yang sahabat miliki dikala membeli router tradisional.

    Perusahaan lain yang saya kenal sangat terkenal ialah Open-Mesh . Untungnya, konsumen bisa membelinya juga dan kesudahannya elok untuk keperluan perumahan. Sekali lagi, ini ialah solusi yang jauh lebih mahal, tapi sahabat akan menjadi satu kemping senang di penghujung hari. 

  9. TAMBAHKAN ANTENA BOOSTER WIFI  
    Bergantung pada model router Wi-Fi yang tepat, mungkin kompatibel dengan antena penguat WiFi tambahan. Antena WiFi sepertinya mempunyai tingkat bermacam-macam tinjauan adonan dari pembeli, namun untuk sekitar 50% orang, harganya layak dibeli.

    Antena booster WiFi bekerja dengan konsep yang sama bahwa antena yang sanggup ditarik pada kotak boom renta bekerja. Sementara antena default mungkin built-in atau minimal, antena WiFi stsobatlone sanggup membantu memperbaiki sinyal jaringan WiFi.  

  10. GUNAKAN POWERLINE ADAPTER   
    Bagi sebagian orang, sahabat tidak bisa mendapat sinyal nirkabel ke area tertentu di rumah. Mungkin dindingnya terbuat dari materi yang menghalangi WiFi dan alasannya itu tidak ada apa-apa selain koneksi kabel eksklusif yang akan bekerja. 
     atau bahkan terjadi trouble selama berjam 11 Cara Ampuh Meningkatkan / Memperkuat Sinyal WIFI Rumah


    sahabat selalu bisa mencoba untuk menjatuhkan jaringan atau jalur coax ke lokasi itu, tapi bila itu tidak layak, maka adaptor Powerline mungkin merupakan alternatif yang baik.

    Kecepatan ialah apa-apa untuk menulis wacana rumah, tapi itu niscaya lebih baik daripada tidak sama sekali. Pada dasarnya sahabat memasukkannya ke dinding, satu daerah router sahabat berada dan satu di mana sahabat memerlukan koneksi Ethernet.

    Sebagian besar hanya mempunyai satu port Ethernet, namun beberapa di antaranya menyerupai Actiontec di atas, mempunyai beberapa port untuk menghubungkan beberapa perangkat. 

  11. MATIKAN PERANGKAT LAINNYA 
    Jika sahabat ialah pengguna gadget yang berat dan mempunyai banyak perangkat yang terhubung di sekitar rumah sahabat menyerupai kamera, telepon, monitor, perangkat IOT, dan lain-lain, mungkin perlu dipikirkan beberapa hal untuk dilihat apakah ada semacam gangguan.  Peralatan lain menyerupai gelombang mikro juga sanggup menimbulkan gangguan, jadi coba jauhkan router sahabat dari gadget elektronik lainnya. 

Menggunakan salah satu metode di atas seharusnya membantu memperkuat jaringan WiFi sahabat dan memakai kombinasi metode ini seharusnya sudah bisa meningkatkan WiFi di rumah sobat. terima kasih dan selamat mencoba.. Goodluck..